Tugas 6
Waralaba
A. Waralaba
Waralaba adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata
“Franchising” dan jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan
hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem
operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek,
produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan
sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis
atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan
baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya
serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat
luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun
sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.
B. Marketing Mix
Pengertian marketing Mix
Secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix
adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi
pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi
yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.
C. Harga
Pengertian Harga adalah
nilai uang yang harus dibayarkan oleh konsumen kepada penjual atas barang atau
jasa yang dibelinya. Dengan kata lain, harga adalah nilai suatu barang yang
ditentukan oleh penjual.
D. Pasar
Pasar atau market merupakan
sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi
ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya
ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. Pada umumnya, pengertian
pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, hal ini
karena pasar tidak memiliki batas geografis
Contoh Franchisiing Lokal dan Asing
Waralaba Lokal :
Es Teler 77
Pecel Lele Lela
JCO Donuts & Coffe
Bumbu Desa
Ayam Bakar Mas Mono
Waralaba Asing :
KFC
McDonald’s
Burger King
Pizza Hut
Subway
Carrefour
ALASAN HARGA DAPAT MEMBERIKAN DORONGAN BAGI PENGUSAHA DALAM MEMBUAT BARANG
Karena disaat harga naik maka penjualpun akan meningkatkan
penawaran, sedangkan disaat harga turun maka penjual akan menurunkan penawaran.
Karena disaat harga barang naik, mereka akan mendapat keuntungan yang lebih
besar, sedangkan disaat harga barang murah, maka penjual akan mengurangi penawaran
agar tidak rugi.
PENGARUH HARGA BAGI KONSUMEN DALAM MENETAPKAN PEMBELIAN
Sedangkan pengaruh harga bagi konsumen adalah disaat harga naik
pembeli akan mengurangi jumlah permintaan, sedangkan disaat harga turun pembeli
akan meningkatkan/memperbanyak permintaan.
Karena disaat harga barang naik, pembeli akan mengurangi permintaan
supaya tetap bisa memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, sedangkan disaat harga
barang murah, maka pembeli akan memperbanyak permintaan untuk mendapatkan
keuntungan.
Daftar Pustaka
https://dodogusmao.wordpress.com/2011/05/27/pengaruh-harga-produk-perilaku-konsumen-terhadan-keputusan-pembeli/
No comments:
Post a Comment